Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

05 September 2009

Bencana Tiba, Kemana Partai Politik?

(okezone.com) JAKARTA - Setiap bencana yang terjadi di Tanah Air pasti menjadi sorotan banyak pihak termasuk dari kalangan partai politik. Karena itu, hampir setiap bencana, parpol selalu sigap mendirikan posko kemanusiaan untuk mengabdi kepada masyarakat.

Namun, dalam bencana gempa bumi yang menimpa Tasikmalaya dan sekitarnya pada Rabu 2 September lalu, peran partai politik masih belum nampak dalam menunjukan solidaritasnya.

Seperti yang terjadi di lokasi longsor di Cianjur, berdasarkan pantauan di lokasi kejadian, hanya dua partai politik yang mendirikan posko kemanusiaan, yakni Partai Demokrat dan PDI Perjuangan. Sedangkan partai lainnya belum menunjukan action.

Bahkan di Kabupaten Garut yang sejumlah warganya ikut menjadi korban gempa, tak satu pun bendera parpol yang bertengger dan kadernya ikut terlibat dalam menolong korban gempa.

Jika berkaca pada peristiwa jebolnya tanggul Situ Gintung, Tangerang, beberapa waktu lalu, di lokasi kejadian hampir setiap meter berdiri posko kemanusiaan dari parpol. Baik parpol besar hingga yang gurem sekalipun.

Saat itu pula, iklim politik di Tanah Air tengah memanas karena berdekatan dengan agenda Pemilu. Yang menjadi pertanyaan, mengapa hingga kini parpol belum ada action menyikapi bencana gempa bumi?

Apakah masih dalam perencanaan atau memang tidak berencana mendirikan posko karena tidak memiliki agenda politik? Tanya kenapa...? (teb)

1 komentar:

  1. Kini kebenaran itu terlihat, mana yang tulus ngasih bantuan dan mana yang ada kepentingann lainnya. Mungkin mereka berkata, "kita ini kan partai politik ngurusi negara, kalo musibah atau bencana, banyak tuh LSM yang ngurus!"

    BalasHapus