Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

04 November 2012

Yang Menyenangkan, Yang Membahayakan

Semua anak lazimnya pasti menyukai arena permainan. Namun sebagai orang tua sebaiknya kita lebih selektif memilih arena permainan. Karena tidak semua permainan yang menyenangkan itu bakal membahagiakan bagi si anak dan orang tua, salah pilih malah semua jadi bencana.

1. Pilih Permainan Sesuai Umur Anak
Kadangkala yang menyenangkan menurut orang tua, bisa saja tidak sama dengan kondisi psikis dan fisik si anak. Cek sekali lagi apakah anak anda tidak akan mengalami kesulitan jika memilih permainan tersebut. Anak yang sudah merasa besar tidak akan mau main permainan yang lazimnya dimainkan oleh anak-anak kecil. Begitu pula sebaliknya anak-anak yang belum cukup umur, pastikan juga dilarang mengikuti permainan tersebut

2. Pastikan Keamanan Buat Anak Anda
ilustrasi
Hidup ini sangat berharga, jadi jangan sia-siakan hidup anak anda. Pastikan permainan itu aman buat anak anda, tidak berlubang, tidak berkarat, ataupun tajam sehingga rentan celaka. Cerewet sedikit tidak apa-apa daripada anda menyesal seumur hidup.





3. Pastikan Kebersihan Arena Permainan
ilustrasi
Arena permainan outdoor tentunya mudah kotor dan kita nampak jelas mana bersih dan kotornya, mana yang terawat datau tidak. Tapi untuk permainan indoor janganlah langsung menganggap bahwa arena permainan itu tentu bersih. Ingat, tidak semua arena permainan itu terawat dan terjaga kebersihannya. Anda tentu masih ingat kasus-kasus tentang permainan mandi bola yang tak pernah dibersihkan dan ternyata di bawahnya banyak ditemukan hal-hal yang berbahaya.

4. Kenali Arena Permainan
Anda patut waspada jika baru pertama kali atau tidak pernah datang ke arena permainan ini. Tapi anda tidak perlu curiga dan langsung menolak jika anak anda merengek. Anda juga bisa menakar sendiri apakah yakin arena permainan ini sesuai, aman, atau tidak buat anak anda.

5. Awasi Anak-Anak Anda
Walaupun anak anda sudah beranjak besar, namun sesekali perlu amati mereka. Apakah mereka mengalami masalah atau baik-baik saja. Anda jangan terlalu asyik dengan dunia anda, ngobrol, BBM-an, atau update status jejaring sosial anda.

Memang bagi anak-anak, semua terlihat itu mengasyikkan karena mereka belum tahu bahaya, apalagi jika sampai bisa menyebabkan kehilangan nyawa......HATI-HATI !!!!! Tugas kitalah sebagai orang tua yang memilihkan dan memantau arena permainan yang menyenangkan namun tidak membahayakan buat putra-putri kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar