Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

19 September 2009

Es Siwalan

Selain legen atau tuak, ada jenis minuman lain yang sangat khas di daerah pantura Lamongan. Khas karena kebanyakan hanya bisa didapatkan di sekitar pantura. Di Jawa Timur, minuman khas ini jamak di jumpai di daerah Tuban, Gresik, dan tentu saja Lamongan. Orang sering menyebutnya es siwalan atau es ental. Karena memang bahan dasarnya berasal dari buah ental / siwalan.

Siwalan/ental masih satu famili dengan pohon palm, atau sejenis kelapa-kelapaan. Buahnya relatif lebih kecil dibanding kelapa. Bila sudah menua (matang) warna kulit luarnya berwarna coklat gelap kemerahan. Untuk mendapatkan ental/siwalan anda perlu membuang kulit luar, hingga tinggal menyisihkan kulit dalamnya yang tipis. Bentuk buah ental/siwalan lebih mirip nata de coco dengan tekstur kenyal nan lembut.

Es siwalan ini sendiri disajikan/terdiri dari buah siwalan yang diiris dadu kecil-kecil, kemudian diberi santan, gula aren (gula merah) secukupnya, dan terakhir diberi es batu.

Hmm... nikmat dan segar, rasanya mirip kolang kaling atau nata de coco. Sayangnya di Lamongan es ental ini hanya terdapat di daerah Paciran atau Brondong (pesisir utara lamongan). Segelas es ini mungkin bisa menawarkan dahaga anda setelah puas berkeliling Wisata Bahari Lamongan atau Gua Maharani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar