Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

03 November 2012

Mimpi Buruk dan Tindihan

MIMPI BURUK
Ngomong-ngomong soal ”Tidur”.... Oahh....!!! Sepertinya kita langsung membayangkan suatu ketenangan, lepas, dari segala aktivitas, dan santai, dan yang jelas menyenangkan. Tidur akan membuat otot yang tegang jadi rileks, me-refresh sel-sel tubuh yang mati, dan itulah mengapa badan akan menjadi segar lagi setelah tidur atau beristirahat.

Tapi tahukah anda bahwa ada sebagian orang yang merasa, tidur itu merupakan siksaan (baca: neraka). Pernahkah anda merasa terteror berulang kali saat tidur dengan mimpi-mimpi yang sama setiap harinya, nggak harus berturut-turut sih. Cuma mimpi ini selalu menjadi momok bagi anda saat tidur! Dan di ujung mimpi anda selalu mati dengan cara yang mungkin sama atau berbeda-beda setiap episode mimpi itu.

Anda tentunya pernah mendengar film ”Nightmare on Elm Street”, yang menampilkan si tukang teror mimpi yang bernama Freddy Krueger. Yang mana, jika malapetaka di alam mimpi bisa berakibat menjadi kenyataan di dunia nyata. Kalaulah mati tercabik-cabik oleh si Freddy ya... hal itu nyata terjadi di dunianya. Tapi itu semua 'kan cuma film, hasil imajinasi tingkat tinggi sineas Hollywood.

Saya mencoba berbagi pengalaman, dimana saya sering mengalami hal ini sekira tahun 95-an ketika saya masih awal-awal duduk di bangku SMA. Peneror mimpi saya waktu itu adalah seekor buaya yang dengan garangnya seringkali berhasil mencabik-cabik saya di setiap episode mimpi-mimpi saya. Hal itu tak hanya sekali terjadi di mimpi saya, bahkan terjadi 5 kali. Ya... untungnya cuma mimpi, coba kalau ternyata beneran huh!!!

Kembali ke topik tentang masalah tersebut kira-kira hal apa sih yang menyebabkannya? Faktor stres, kemudian pikiran-pikiran negatif, perasaan gelisah adalah penyebab utama. Apalagi ditambah jika anda pecinta film-film horor Hal itu akan membuat terakumulasi dalam pikiran sehingga bisa menyebabkan mimpi-mimpi buruk buat anda.

Tepat sebelum tidur, pikirkanlah hal-hal yang bisa membuat Anda bahagia. Dengan begitu, pikiran-pikiran buruk akan hilang dari kepala Anda.

TINDIHAN

Lha yang satu ini fenomena lain, anda merasa terbangun dari tidur tapi sulit bergerak ataupun berteriak. Orang-orang tua jaman dulu menyebutnya "Tindihan".

Lha kenapa disebut tindihan? Mereka mengatakan bahwa ada yang menindih saya, dan itu adalah makhluk halus. Hmm.. tentu saja saya nggak percaya!!!

Kejadian seperti ini, saya alami di tahun-tahun pasca diserang mimpi buruk. Jadi kalau nggak salah, sejak menjelang tamat SMA hingga beberapa waktu setelah saya menamatkan kuliah Diploma. Berarti kira-kira tahun 97-an hingga tahun 2002-an, ada deh 5 tahunan. Oke dah saya coba saya sharing pengalaman dan coba cari solusi dari masalah "tindihan" ini.

Pertama kali mengalami tindihan rasanya sangat aneh. Mata seolah melihat namun tubuh tak bisa bergerak. Kemudian rasa panik menyerang, nafas seperti ngos-ngosan atau bahkan tersekat. Kemudian semakin memaksa bangun maka semakin tidak bisa, karena seolah otot-otot tubuh kita menjadi keras. Saya coba membaca Ayat Kursi di 'mimpi' saya itu namun percuma, tidak bisa terbangun juga. Akhirnya saya mengalah tubuh coba saya rileks-kan kemudian bernafas teratur, lalu coba menggerakkan tubuh di bagian ujung jari telunjuk. Dan... akhirnya seluruh tubuh bisa digerakkan kembali. Setelah itu, saya tidak langsung tidur.

Kejadian paling serius adalah di periode 98-an sampai 99-an. Hampir setiap hari saat tidur saya mengalami tindihan, hingga akhirnya saya anggap biasa karena yakin bisa mengatasinya untuk bisa bergerak lagi. Namun ternyata saya mengalami hal yang luar biasa, saya mengalami tindihan berulangkali dalam satu malam, mungkin ada di atas 5 kali. Ada dalam rangkaian tindihan itu saya benar-benar terbangun kemudian tidur lagi, ada pula ketika saya hendak mencapai tingkat bangun seutuhnya tiba-tiba saya kembali lagi dalam fase tindihan lagi. Anda ingin tahu rasanya, capeeeek banget deh!!! Dan saya langsung bangun jam 3 malam lalu duduk di teras rumah sambil menunggu adzan subuh memanggil. Takut kesadaran saya hilang atau kejadian itu berulang lagi.

Menurut medis, keadaan ketika orang akan tidur atau bangun tidur merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak disebut sleep paralysis alias tidur lumpuh (karena tubuh tak bisa bergerak dan serasa lumpuh). Hampir setiap orang pernah mengalaminya. Setidaknya sekali atau dua kali dalam hidupnya.

Sleep paralysis bisa terjadi pada siapa saja, lelaki atau perempuan. Dan usia rata-rata orang pertama kali mengalami gangguan tidur ini adalah usia anak-anak ABG. Sleep paralysis alias tindihan ini memang bisa berlangsung dalam hitungan detik hingga menit. Yang menarik, saat tindihan terjadi kita sering seperti melihat (halusinasi) atau memang benar-benar melihat lingkungan sekitarnya.

Menurut para ahli sleep paralysis ini terjadi karena tubuh tidak melalui fase tidur dengan benar. Artinya dari keadaan setengah sadar kemudian belum menginjak fase berikut langsung ke tahap REM (Rapid Eye Movement).

Sebagai pengetahuan, berdasarkan gelombang otak, tidur terbagi dalam 4 tahapan. Tahapan itu adalah tahap tidur paling ringan (kita masih setengah sadar), tahap tidur yang lebih dalam, tidur paling dalam dan tahap REM. Pada tahap inilah mimpi terjadi.

Saat kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. Jadi, dari keadaan sadar (saat hendak tidur) ke tahap tidur paling ringan, lalu langsung melompat ke mimpi (REM).

Ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum, di sinilah sleep paralysis terjadi. Kita merasa sangat sadar, tapi tubuh tak bisa bergerak. Ditambah lagi adanya halusinasi muncul sosok lain yang sebenarnya ini merupakan ciri khas dari mimpi.

Selain itu, sleep paralysis juga bisa disebabkan stres atau keadaan tertekan karena suatu pekerjaan atau keadaan yang anda alami sehari-hari. Akibatnya, stres tersebut terbawa ke dalam mimpi.

Semoga bermanfaat dan anda bisa tidur lebih tenang malam ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar