Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

20 November 2012

Cuma Dapat Silver

Akhirnya penantian sebulan terbayar sudah. Kemarin, 19 Nov 2012 diumukanlah hasil dari BIC QCC Convention. Dan ternyata... oalah TEAM SPEED cuma dapat Silver. Benar sih itu sudah memenuhi target yang diemban. Walaupun Manajemen bilang kalau Silver saat ini sudah setara GOLD tahun lalu, namun bagi saya SILVER is SILVER, can't become a GOLD.

Tetapi sebenarnya ekspektasi saya seharusnya bisa lebih, setidaknya GOLD. Karena selama sejarah saya membuat presentasi powerpoint slide, saya rasa ini slide yang memiliki runtutan cerita yang pas. Walaupun slide yang saya hadirkan sekarang 'miskin' gif animasi dan warna-warni yang ceria. Namun kesan elegan dan berkelas pasti ada, ditambah animasi process motion dari powerpoint saya pikir akan menjadi nilai tambah, dibanding video yang dicomot ke dalam powerpoint. Itu menurut pendapat saya dari segi presentasi slide.

Namun itu 'kan pandangan dari segi kemasan materi. Yang jadi pertimbangan mungkin 'kan banyak. Bisa dari penampilan saat presentasi, kandungan presentasi, dan lain-lain. Saya pun harus mengakui bahwa untuk QCC kali ini jauh dari persiapan yang layak. Silakan bilang kalau masalah dan data yang diambil asal comot dan tidak digodok secara matang. Artinya kurang dari sebulan sebelum pendaftaran wacana untuk harus ikut QCC dihembuskan.


Tetapi ini cukup fair menurut saya, kalau dibandingkan persiapannya, antara kondisi sekarang dengan apa yang terjadi beberapa tahun silam ketika saya bersama TEAM BIG FOOT di PSECB, sungguh bertolak belakang. Saat itu ajang di BIC hanya menjadi 'ajang hiburan'. Karena sebelumnya kami telah malang melintang di dunia QCC, ditahbiskan menjadi Runner-up di Internal QCC, dan menduduki peringkat ketiga di Singapore Panasonic Quality Circle (SPQC), serta sebelumnya di 2006 juga pernah menjadi peringkat 5 besar Matsushita Quality Convention se-Indonesia. Apalagi di Batamindo tidak ada hadiahnya (baca: duit). jadinya cuma sebatas hiburan heheheehe.

Tapi sekarang kondisinya, adalah sebagai trigger bagi para karyawan agar mau terus aktif berpartisipasi membentuk Small Activity Group (SAG) agar tertanam kepedulian untuk menuntaskan dan membukukan aktivitasnya dalam mengatasi quality problem.

Semoga tahun depan, banyak benih-benih lain yang lebih mampu berprestasi dari kami ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar